Mahasiswa kedokteran Unusa membuat kebutuhan hand sanitizer untuk dibagikan ke rumah sakit.

Surabaya, barunih.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) bersama dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Mahasiswa Kedokteran Unusa menggalang donasi untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APD). Dari hasil penggalangan dana yang dibuka pada 25 Maret hingga 3 April 2020 ini, terkumpul sekitar Rp 45,2 juta.

Wakil ketua koordinator penggalangan dana, Moch Hafitd Thoroqi menjelaskan penggalangan ini didasari minimnya APD serta beberapa alat medis lainnya yang kurang dalam mengatasi virus corona.

Karena kepentingan kemanusiaan, BEM Fakultas Kedokteran bersama dengan IKA Mahasiswa Kedokteran Unusa membuka donasi. “Respon dari masyarakat cukup bagus meskipun baru 10 hari dibuka tapi kami sudah bisa mengumpulkan sekitar Rp 45,2 juta,” bebernya, Minggu (5/4/2020).

Hafitd menjelaskan donasi ini nantinya dibelikan APD, hand sanitizer, face shield dan kebutuhkan medis lainnya. “Ini dilakukan untuk memudahkan tim medis yang tengah berjibaku untuk menyembuhkan pasien virus corona,” jelas Hafitd.

Ia juga menegaskan, kebutuhan APD itu akan disampaikan ke rumah sakit untuk mengantisipasi penyebaran Covid -19.

“Kami bagikan ke Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari dan beberapa rumah sakit lainnya untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona,” jelas Hafitd.

Mahasiswa fakultas kedokteran angkatan 2018 ini memastikan untuk memberikan bantuan ini akan dilakukan Senin (6/4/2020). “Ini kami masih merampungkan pengerjaan face shield dan hand sanitizer, serta pengerjaan APD,” beber Hafitd .

Dengan cara ini, Hafitd berharap dokter maupun perawat dan petugas medis lainnya bisa fokus dalam menyembuhkan pasien virus Corona. “Kami membantu sebisa yang kami lakukan,” ucapnya. (day/gus)