Pelajar Hatsushiba Ritsumeikan HS mengalunkan Indonesia Raya dengan iringan musik orkestra.

Osaka-barunih.com – Diiringi udara sejuk dengan suhu di kisaran 12 derajat celsius, delegasi SMA Negeri 5, Selasa (19/11) pagi menginjakkan kaki di Hatsushiba Ritsumeikan High School, Osaka, Jepang.

Delegasi SMA 5 yang dipimpin kepala sekolah Sri Widiati itu sudah disambut ratusan siswa yang telah menunggu di hall sekolah dengan kursi bertingkat layaknya panggung teater.

Begitu rombongan delegasi Provinsi Jatim dan 13 siswa-siswi yang didampingi seorang guru duduk di kursi, lagu Indonesia Raya terlantun dengan alunan musik orkestra.

Rombongan yang diminta berdiri pun ikut melantunkan lagu kebangsaan negara Indonesia tersebut. Alunan musik layaknya orkestra yang ditampilkan oleh siswa Hatsushiba Ritsumeikan High School itu sontak membuat sejumlah rombongan terkagum.[penci_ads id=”penci_ads_3″]

Berikutnya sambutan dari pimpinan sekolah setempat Mr Akio Tabata, dan perwakilan dari delegasi Pemprov Jatim yang diwakili Cipto Wibowo, Kabag Administrasi Kerja Sama Biro Humas dan Protokol,  Pemprov Jatim.

Pada kesempatan itu Cipto mengatakan bila hubungan pertukaran pelajar itu telah terjalin sejak 2014,  SMA 5 Surabaya dikunjungi pelajar Osaka. Sehingga ini merupakan kunjungan balasan SMA 5 ke sekolah di Osaka.

“Kami berharap kunjungan ini akan terus berkembang sebagai momentum tukar budaya dan pengetahuan generasi muda,” ungkapnya.

Pelajar SMA 5 menyanyikan lagu bejudul Kokoro Onotomo.

 

Dalam kesempatan itu pelajar SMA 5 juga melakukan performa. Di antaranya presentasi tentang pemanasan global, menyanyikan lagu Kokoro Onotomo serta persembahan Tari Remo yang merupakan khas tari asal Jawa Timur.(yok/udi)