Pembuatan Prototype Disinfectant Chamber oleh mahasiswa ITS

Surabaya, barunih.com – Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuat inovasi ruang sterilisasi sekaligus pendeteksi suhu tubuh.

Ruang sterilisasi tersebut dibagi menjadi tiga fitur yaitu dengan sistem penyemprotan biasa, sistem ozon dan juga dengan sistem penyemprotan yang lebih lembut layaknya sauna. Rencananya ruang sterilisasi dengan sistem ozon, akan diberi fitur thermal imaging atau kamera pendeteksi suhu tubuh

“Kita sudah menemukan cairan yg bersahabat dengan kulit oleh teman-teman ITS dari Teknik Kimia dan Biologi, dengan pengujian di RSUA yang akan dilakukan Rabu (25/3/2020),” kata Bambang Pramujati, Wakil Rektor 4 ITS,  Senin (23/3/2020).

Pihak ITS tidak memperjualbelikan inovasi ruang sterilisasi tersebut dikarenakan mereka mendapatkan dana dari donasi dari berbagai pihak.

“Permintaan chamber ini banyak dari kantor-kantor, termasuk Pemprov Jatim, Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) serta lainnya,” pungkasnya.

Ruang sterilisasi tersebut sebenarnya diperuntukkan bagi tenaga medis di seluruh Indonesia, mengingat para tenaga medis sering bersinggungan dengan pasien yang terpapar virus corona. (mg3/gus)