Prof. Dr. Mohammad Nasih, Rektor Universitas Airlangga Surabaya.

Surabaya, barunih.com – Dalam menyikapi virus corona yang telah menjadi pandemi global, Universitas Airlangga (UA) mengajak siswa yang lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk berlomba menjadi duta covid-19. Hal itu dilakukan mengingat peserta banyak memiliki waktu luang usai memikirkan SNMPTN.

Dalam memanfaatkan waktu yang luang, UA benar-benar mendorong peserta yang lolos SNMPTN dan mahasiswanya untuk berlomba menjadi duta covid-19. Hal tersebut, nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat dan untuk materinya juga telah dipersiapkan oleh UA dan dari gugus tugas provinsi maupun pusat.

“Kita minta mereka untuk menjadi duta covid, kita imbau saja kemudian mereka bersosialisai materi-materi yang kita punya kepada masyarakat di sekitar lingkungannya,” ujar Prof. Dr. Mohammad Nasih, Rektor Universitas Airlangga, Rabu (9/4/2020).

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga telah melakukan imbauan kepada masyarakat dan meminta agar ada relawan untuk menjadi duta covid-19, guna melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman, kepada masyarakat secara luas tentang coronavirus disease 2019 atau covid-19.

“Untuk mahasiswa yang sedang belajar di rumah, jangan hanya belajar, ikut juga sosialisasi. Tapi, jangan menggunakan lembaga yang tidak resmi, karena mungkin hoax dan lainnya,” pungkas Nasih. (Mg3/gus)