Rektor Unpam dan Rektor UB menunjukkan berkas nota kesepahaman.

MALANG – Universitas Pamulang (Unpam), Kota Tangerang Selatan, Propinsi Banten,  melakukan kerja sama dengan dua perguruan tinggi di Kota Malang, yaitu Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Brawijaya (UB), Jumat (25/10).

Penandatanganan nota kesepahaman bersama ini dilakukan di masing-masing kampus. Di UMM, penandatanganan dilakukan oleh Rektor Unpam Dr H Dayat Hidayat MM dengan Rektor UMM Dr H Fauzan MPd. Sedangkan di UB, nota kesepahaman diteken langsung Rektor Unpam dengan Rektor UB Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS.

Rektor Unpam Dr H Dayat Hidayat MM menjelaskan, pihaknya memilih UMM dan UB karena kedua kampus itu dinilai telah banyak memberikan contoh kesuksesan yang  pantas menjadi acuan dalam pengembangan perguruan tinggi. “Ini untuk membangun kemitraan dan dapat saling memberikan manfaat,” ujarnya.

Bagi Unpam, menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi tersebut dapat memberikan kontribusi positif. “UMM itu langkahnya sudah panjang, pengalaman sudah banyak, prestasi sudah jelas ada dan nampak. Karena itu, kami yang masih dalam proses belajar jauh-jauh dari Tangerang,” ujarnya usai menandatangani kerja sama di kampus UMM.

Dikatakan, yang akan dikerjasamakan terkait penelitian, proses pembelajaran, dan kewirausahaan. Bahkan, mendatang akan melakukan kerja sama pada prodi (program studi) untuk meningkatkan kualitas perkuliahan.

“Mulai dari research, kewirausahaan, bahkan proses pembelajaran. Termasuk prodi yang prioritas kewirausahaan seperti perbengkelan. Karena itu dengan unit-unit produksi, akan segera ditindaklanjutisetelah diawali dengan kerja sama ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Rektor UMM Dr H Fauzan MPd menyampaikan, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi yang pada prinsipnya untuk membangun kualitas lembaga pendidikan. “Yang pasti untuk membangun kualitas lembaga sehingga menghasilkan output yang berkualitas,” katanya.

Tidak menutup kemungkinan, kerja sama ini dilanjutkan pada tingkat fakultas. “Ini masih tataran awal tentunya ada tim yang akan mengoperasionalkan kerja sama ini sebagaimana yang disepakati,” jelasnya. (cr-3/udi)